Rabu, 21 April 2010

Kelebihan dan kekurangan dari macam-macam Topologi jaringan

Sebelum saya menjelaskan apa kelemahan dan kelebihan dari tiap-tiap topologi jaringan, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan topologi jaringan.
Sebenarnya tujuan dari suatu jaringan adalah untuk menyampaikan suatu informasi ke tempat lain. Bentuk-bentuk yang menghubungkan antar jaringan inilah yang disebut topologi jaringan. Macam-macam topologi jaringan yang telah ditemukan ada 6 macam, yaitu topologi bus, topologi bintang, topologi cincin, topologi mesh, topologi hybrid, serta topologi pohon. Dalam postingan ini saya hanya akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari topologi bus, topologi bintang serta topologi cincin.
1. Topologi bus
Ini adalah topologi yang pertama kali digunakan untuk menghubungkan komputer. Ciri dari topologi ini
adalah bahwa tiap komputer dihubungkan dengan kabel yang panjang dengan beberapa terminal. Lalu di setiap ujung kabel harus terdapat sebuah terminator. Saat ini sudah jarang orang memakai topologi ini. Ini dikarenakan sering terjadi tabrakan aliran data. Apabila ada satu komputer yang rusak, maka komputer yang lainnya tidak dapat digunakan sampai kerusakan itu telah diatasi. Kerugian yang lain dari topologi ini adalah kepadatan lalu lintas, deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil serta dibutuhkan repeater jarak jauh. Sedangkan kelebihannya adalah hemat kabel, layout sedrhana, serta mudah dikembangkan.
2. Topologi bintang
Dalam topologi ini, kita menggunakan alat untuk membuat jaringan komputer. Salah satunya adalah switch dan hub. Switch dan hub ini digunakan untuk menghubungkan tiap komputer di dalam jaringan lan. Perbedaan dari switch dan hub ini adalah pada kecepatan transfer data yaitu 100:10. Prinsip dari penggunaan topologi ini adalah kontrol terpusat. Jadi setiap client harus melewati pusat yang di sebut server untuk memakai jaringan ini. Kelebihan dari pemakaian topologi ini adalah paling fleksibel dari topologi lainnya, pemasangan client tidak akan menganggu jalannya jaringan, kontrol terpusat, serta mudah untuk mendeteksi kerusakan. Sedangan kelemahannya adalah boros kabel, perlu penanganan khusus, serta kontrol pusat/hub menjdi bagian yang sangat penting.
3. Topologi cincin
Topologi ini sering disebut juga topologi ring. Dinamakan topologi cincin karena setiap komputer yang terhubung dalam jaringan, membentuk sebuah lingkaran sehingga jaringan ini meyerupai bentuk cincin. Jaringan ini membentuk seperti rangkaian tertutup. Kelebihan dari topologi ini adalah hemat kabel. Sedangkan kekurangannya adalah peka terhadap kesalahan yang terjadi dan pengembangan jaringan lebih kaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar