Selasa, 19 Januari 2010

Custom Domain | Manage DNS Co.Cc


Salah satu alasan bagi blogger untuk melakukan custom domain adalah agar terkesan serius dalam pengelolaan blognya. Alasan lain yaitu agar alamat blog tersebut mudah diingat.

Ini merupakan postingan yang satu paket dengan ‘custom domain dengan co.cc’ yang telah saya bagi menjadi 3 bagian. Bagian Pertama merupakan teknik custom domain paling mudah dan cepat, yaitu URL Forwarding. Namun memiliki kelemahan yaitu pada akhir title bar browser terdapat tulisan powored by co.cc. Selain itu, favicon blog kita juga akan secara default tergantikan dengan favicon-nya co.cc. Sedangkan pada Bagian Kedua, teknik custom domain gratis co.cc menggunakan fasilitas Zone Record. Dengan fasilitas zone record tulisan powored by co.cc tidak akan terlihat. Favicon blog kita juga tidak ‘digentayangi’ oleh faviconnya co.cc. Namun proses pengaturannya lebih sulit dan membutuhkan waktu bila dibandingkan dengan teknik URL Forwarding.

Pada postingan kali ini, saya akan mengakhiri paket ‘custom domain dengan co.cc’ dengan memosting tentang fasilitas Manage DNSnya co.cc. Fasilitas ini lebih rumit dari teknik Zone Records karena kita membutuhkan Name Server yang menjadi pihak ketiga.

Bila pada teknik URL Forwarding kita tidak membutuhkan settingan apapun di blogger, dan hanya perlu sedikit ‘cukeh’ pada co.cc, kemudian pada Zone Records kita juga men’cukeh’ co.cc dengan sedikit settingan pada blogger, maka pada teknik Manage DNS ini kita membutuhkan pihak ketiga sebagai perantara antara co.cc dan blogger.

Terlalu banyak basa basi ya? cape deh..langsung aja deh…
Teknik “Manage DNS” pada domain gratis Co.Cc:
* Siapkan nama domain baru co.cc Anda. Sign In dulu ke akun co.cc Anda, masuk di Manage Domain, Klik Getting a New Domain >>. Atau jika sudah punya domain, klik saja domain tersebut.
* Mendaftar di ‘pihak ketiga’ seperti yang saya maksud di atas. Blogger sudah merekomendasikan beberapa dns hosting yang akan menjadi pihak ke-tiga. LIHAT DISINI. Sebagai contoh dan rekomendasi dari saya, pakai saja DNSPark. tuju http://www.dnspark.com dan klik Register Now!.

Setelah klik register now, kita akan dihadapkan pada halaman formulir pendaftaran. Silakan isi formulir pendaftarannya. Jangan lupa klik/aktifkan dua buah checkboxyang ada dibagian bawah, yaitu I have read and accept the terms of service dan juga I understand that no adult oriented sites will be permitted. Kemudian baru klik tombol Register. Maka pihak DNSPark akan mengirimkan email confirmasi ke email Anda untuk me-verifikasi akun Anda. Buka email Anda dan buka email dari DNSPark, klik link confirmasiyang diberikan. Jika sudah, silakan lakukan proses Sign In untuk masuk ke akun Anda.
Setelah Sign In, tuju bagian Configuration Menu >> DNS Hosting >> Add Domains.
* Aktifkan cheklist DNS Hosting.
* Ketik nama domain Anda (tanpa www) pada Enter new domain. Contoh: ahmadbahruddin.co.cc
* Klik Add Now. Pada Domain list, klik domain yang akan Anda manage.
Tambahkan record untuk domain Anda
* Pada Type pilih CNAME.
* Pada Alias name ketik: www.
* TTL dibiarkan saja apa adanya.
* Destination Name: ghs.google.com.
* Klik Update All.
Sekarang Anda sudah boleh Sign Out dari DNSPark. Dan silakan kembali ke Akun Co.Cc Anda. Tuju bagian Manage Domain dan klik domain mana yang ingin anda manage atau buat domain baru. Di halaman manage domain, set up domain yang ingin Anda gunakan. Diantara 3 pilihan (Manage DNS, Zone record, dan URL Forwarding), pilih Manage DNS. Klik [+ Add More Name Servers ] hingga mencapai 5 (lima) name servers. Isikan di setiap name server persis seperti ini:
* Jika sudah, klik Set Up.

Saat ini, untuk settingan co.cc dan dnspark.com sudah selesai. Silakan Sign In ke blogger Anda dan klik Setting >> Publishing >> Custom Domain >> Switch to Advance Setting.

Pada halaman Advance Setting, ketik alamat domain yang baru Anda setting di co.cc dan dnspark tadi. Lengkap dengan www nya.

*klik Save Setting

selesai

Note:

*Settingan ini tidak akan langsung berhasil, tapi membutuhkan selambat-lambatnya48 jam sejak anda selesaikan settingan ini. Tapi keberuntungan anda juga sih, ada juga beberapa pengalaman yang menyebutkan bahwa teknik ini akan berhasil hanya dengan waktu beberapa jam saja

*setting DNS ini juga berlaku untuk domain selain co.cc. Misalnya anda sudah membeli domain .com(dot com), juga bisa diterapkan seperti ini.

4 komentar:

  1. mas kok Blogs yang aku bikin jadi domain www.dapetkerja.co.cc <==== namanya bener tapi nyasar ke Domain orang ya??? Piye iki mas?? mohon pencerahannya!! tapi ada tulisan ::
    Name server changes may take up to 48 hours to update throughout the Internet.

    BalasHapus
  2. kaya'nya kamu belum daftar ke co.cc ya,.,.?
    soalnya pas aku buka www.dapetkerja.co.cc di pojok kiri atas ada tulisan
    "dapetkerja.co.cc
    www.dapetkerja.co.cc is available Sign Up >>"
    berarti belum ada orang yg pakai domain itu..!!!

    BalasHapus
  3. To Mas Ahmad:
    Makasih banyak YA!!!!!!!!!!!!!!!
    Settingku gak sampe 5 menit udah berhasil!!!!!!!

    BalasHapus