Senin, 18 Januari 2010

Custom Domain | Manage Zone Record dengan Co.Cc

Pada postingan sebelumnya saya sudah menulis tentang cara mem-forward url dengan co.cc. Fasilitas forwarding co.cc adalah 1 dari 3 fasilitas yang disediakan Co.Cc. Fasilitas forwarding co.cc juga merupakan fasilitas yang paling mudah digunakan. Kali ini saya mencoba menjelaskan custom domain dengan menggunakan fasilitas Zone Record Co.Cc yang sedikit lebih rumit dari fasilitas forwarding. Buat Anda yang belum mendaftar di Co.Cc, pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang panduan mendaftar di Co.Cc.
Oke, anggaplah kini anda sudah terdaftar sebagai member Co.Cc. Untuk menyetting custom domain blogger/blogspot Anda dengan fasilitas Zone Record, silakan Log In dulu di Co.Cc dan tuju bagian Manage Domain. Klik domain yang ingin anda setting. Atau jika belum ada, buat saja domain baru dengan nge-klik Getting a New Domain.
Anggaplah kini Anda sudah memiliki domain co.cc. Misalnya www.NamaAnda.co.cc. Silakan manage domain tersebut di manage domain. Dan pilih fasilitas Zone Record.
  • Isikan Host dengan alamat domain Anda. Misalnya: www.fulannamasaya.co.cc .
  • TTL biarkan 1D saja.
  • Type pilihlah CNAME.
  • Pada Value ketik: ghs.google.com .



    Trus klik Set Up.

    Maka akan terlihat hasilnya seperti ini;


    Yuhu…kini saatnya menuju blogger dan masuk ke account blogger Anda. Silakan Sign In ke blogger Anda dan klik Setting pada blog yang ingin anda ‘custom domain’ kan.

    Sudah sampai di halaman Setting? Klik Publishing. Pada Halaman Publishing langsung klik Custom Domain.

    Di halaman Custom Domain ini, klik aja Switch to Advanced Setting.

    Kemudian ketik pada field Your Domain dengan nama domain co.cc Anda. Misalnya www.fulannamasaya.co.cc.

    Trus langsung klik Save Settings aja.

    Maka selesailah berbagai step untuk meng-custom domain-kan blog Anda. Menurut informasi dari Co.Cc settingan ini baru bisa aktif dalam waktu maksimal 48 jam. Alias, domain baru Anda baru bisa digunakan paling lambat 2 hari setelah melakukan settingan. Tapi jangan khawatir, menurut pengalaman saya, settingan ini akan berhasil tidak sampai 48 jam, yaitu sekitar 1 atau 2 jam. Tapi itu pengalaman saya loh, bisa jadi Anda bernasib lebih baik dan bisa jadi lebih buruk.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar