Minggu, 27 Februari 2011

ROONEY DIHUJAT

Sunday, 27 February 2011 Image

Reaksi Wayne Rooney setelah menyikut gelandang Wigan Athletic James McCarthy (kiri). Wasit Mark Clattenburg (kanan) yang menyaksikan insiden itu tidak memberikan kartu merah pada Rooney. Dia hanya menghadiahi Wigan tendangan bebas.

Wayne Rooney menandingi perhatian yang didapat Javier ’Chicharito’ Hernandez saat Manchester United (MU) mengecundangi Wigan Athletic 4-0. Chicharito menjadi man of the match dengan memborong dua gol. Tak hanya itu, pergerakan winger berkebangsaan Meksiko itu juga merepotkan lini belakang Wigan. Namun, perhatian tidak sepenuhnya tertuju kepada Chicharito. Rooney turut membumbui pertandingan yang berlangsung di DW Stadium.

Bukan karena Rooney menyumbang satu gol, melainkan karena aksi brutalnya terhadap gelandang Wigan James McCarthy. Mantan bomber Everton itu menyikut wajah McCarthy dalam situasi tanpa bola. Dan yang menarik perhatian, wasit Mark Clattenburg tidak mengusir Rooney keluar lapangan. Padahal, insiden tersebut disaksikan Clattenburg. Dia hanya memberi Wigan tendangan bebas. Perdebatan pun menyeruak.

Media Inggris menyebut Rooney sangat beruntung. ’’Jika pemain saya yang melakukan itu, dia benar-benar dan sangat beruntung bisa tetap berada di lapangan,” ungkap Pelatih Wigan Roberto Martinez, dilansir Guardian. ’’Itu jelas kartu merah. Rooney sangat mujur. Jika Anda lihat di televisi, itu jelas (pelanggaran berat). Mungkin karena dia Wayne Rooney, jadi dia lolos dari hukuman.” Kondisi Rooney lolos dari kartu merah mengizinkan dirinya tampil dalam big match kontra Chelsea di Stamford Bridge, besok.

Media Negeri Ratu Elizabeth II pun berspekulasi. Rooney tidak dijatuhi sanksi untuk menjaga nilai jual partai kontra The Blues –julukan Chelsea. Nakhoda The Red Devils –julukan MU– Sir Alex Ferguson menilai tindakan Rooney itu bukan masalah besar. Pres merupakan pihak yang bertanggung jawab karena terlalu melebihlebihkan insiden tersebut. ’’Itu bukan apa-apa. Mark Clattenburg menyaksikan itu dan saya rasa dia mengatakan itu hanya insiden kepada Rooney.

Jika wasit mengatakan itu hanyalah insiden, FA tidak akan mengambil tindakan apa pun,” bela Ferguson, dilansir The Independent. ’’Media akan terus membesarbesarkan hal ini. Dia akan disorot karena kami akan bermain melawan Chelsea. Seakan-akan dia seharusnya dihukum gantung atau dialiri listrik.” Kolumnis kenamaan Inggris Neil Johnston angkat bicara terkait komentar Fergie –sapaan Ferguson.

Menurut dia bila Joey Barton (winger Newcastle) atau Cesc Fabregas (kapten Arsenal) menyikut salah seorang pemain MU, Ferguson bakal berkoar ke media. Rooney sendiri memilih bungkam atas tindakan nakalnya. Entah atas titah manajemen The Red Devils atau tidak, selepas laga bomber kelahiran Liverpool itu langsung menghilang.

”Dalam pertandingan yang sengit pemain selalu bersemangat. Saya rasa itu juga yang dialami Wayne Rooney. Saya mengenal dia dan tidak mungkin dia ingin melukai pemain itu (McCarthy),” ucap salah seorang staf kepelatihan MU. Sementara itu, karena perhatian terhadap insiden ini semakin meluas, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) yang membawahi Liga Primer akan memanggil Clattenburg serta dua hakim garis Alan Hansen dan Mark Lawrenson.

Jika Clattenburg melihat insiden secara keseluruhan, Rooney sepenuhnya bebas dari sanksi. Namun bila tidak, pemain berusia 25 tahun ini akan mendapat sanksi tiga laga. ”Rooney dalam masalah besar. Kita tidak bisa berdebat dengan rekaman video atau gambar. McCarthy mencoba menghalangi Rooney (untuk mengambil bola). Rooney menyikut McCarthy, dan seharusnya dia keluar (kartu merah),” papar Lawrenson. ■ hanna farhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar